Selasa, 31 Januari 2017

RPP Tematik Tema 6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan            :    MI ASSA’ADIYAH ATTAHIRIYAH
Kelas / Semester               :    IV (Empat) / II (Dua)
Tema / Sub Tema / PB     :    VI (Enam) / Cita – Citaku
                                           :    Sub Tema I (Satu) / Aku dan Cita – citaku
                                           :    Pembelajaran 1 / 09 Januari 2017
Alokasi Waktu                   :    6 x 35 menit (210 menit)

A.      Kompetensi Inti ( KI )







         
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
         
1.    Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
3.6       Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6       Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
Indikator :
3.6.1    Memahami isi puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
3.6.2    Memahami amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
4.6.1    Membuat puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
4.6.2    Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
2.    Ilmu Pengetahuan Alam
3.2       Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
4.2       Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
3.2.1    Memahami siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang berbeda
3.2.2    Memahami upaya pelestarian beberapa mahluk hidup yang berbeda
3.2.3    Mengkaitkan siklus mahluk hidup dengan upaya pelestariannya agar tidak punah
4.2.1    Membuat skema siklus hidup beberapa mahluk hidup yang berbeda
4.2.2    Melakukan eksperimen terhadap pelestarian mahluk hidup di lingkungan sekitar
4.2.3    Melakukan diskusi untuk membahas keterkaitan antara siklus mahluk hidup dengan pelestariannya di lingkungan sekitar
                                          

C.      Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
2.    Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.
3.    Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
4.    Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
                           
D.      Materi Pembelajaran (rincian dari materi pembelajaran)
            Arti dari cita – cita dan factor 




F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran (sesuai dengan buku guru dan siswa)
          1.    Media
Buku Teks, gambar hewan dan tumbuhan, contoh-contoh puisi, lingkungan sekitar.
          2.    Alat / Bahan : Leptop dan infocust
          3.    Sumber Belajar : Buku guru dan buku siswa
G.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (mengacu pada buku guru dan siswa)
         
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·   Guru memberikan salam dan mengajak berdoa (religius).
·   Menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”
·   Mengecek kehadiran peserta didik
·   Melakukan kegiatan literasi (pembiasaan) untuk siswa yaitu membaca sebuah puisi dan menganalisis makna dari puisi tersebut dengan menggunakan media powerpoint yang ditampilkan di papan tulis.
·   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
·   Guru menyipkan siswa dalam posisi “Ready” untuk menerima pelajaran hari ini dengan menyebutkan sebuah yel yel kelas.
15 Menit
Inti

LANGKAH PEMBELAJARAN (EXAMPLES NON EXAMPLES)
Ø  Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 tentang seorang anak yang sedang membayangkan cita-citanya. Dengan bimbingan guru siswa membahas tentang berbagai pekerjaan yang menjadi cita-cita antara lain menjadi seorang guru, arsitek, dokter hewan, penyanyi, dan pilot.
Ø  Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku
Ø  Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku.
Ø  Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang dilakukan oleh berbagai profesi. Siswa lalu mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh profesi tersebut sesuai dengan bidangnya. Siswa menuliskan keahlian-keahlian tersebut di kolom yang tersedia pada setiap gambar.
Ø  Siswa kemudian menuliskan pada kolom yang terdapat pada halaman 3 tentang pekerjaan yang menjadi cita-citanya serta menuliskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan profesi yang dipilihnya tersebut.
Ø  Siswa membaca teks puisi berjudul “Cita-citaku”. Dengan bimbingan guru, siswa mencoba mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Guru membimbing siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk menemukan ciri-ciri puisi. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 – 4 siswa.
Ø  Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memperhatikan temannya membaca puisi.
Ø  Perhatikan bagian-bagian yang teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
a.    Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
b.    Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
c.    Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!
d.    Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?
e.    Tunjukkan keteraturan itu!
Ø  Siswa mengamati bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5. Siswa lalu menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi dan menuliskannya pada kolom yang terdapat pada halaman yang sama.
Ø  Siswa membaca dan memahami teks informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter hewan. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang profesi menjadi seorang dokter hewan serta tugas-tugas seorang dokter hewan.
Ø  Siswa mengamati beberapa gambar hewan peliharaan yang terdapat pada halaman 6. Siswa mengamati gambar anak-anak hewan dan hewan yang sudah dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan.
Ø  Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa. Secara berkelompok siswa mengamati beberapa gambar tahapan pertumbuhan hewan yang terdapat pada halaman 8. Siswa lalu menyusun gambar-gambar tahapan pertumbuhan hewan tersebut menjadi tahapan pertumbuhan hewan yang benar. Setiap kelompok kemudian berdiskusi dan menuliskan kesimpulan hasil diskusinya tentang tahapan pertumbuhan hewan tersebut pada kolom yang terdapat pada halaman 9. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas.


175 menit



1.    Sikap apakah yang perlu dibangun untuk menentukan cita-citamu?
2.    Manfaat apakah yang dapat kamu berikan kepada orang lain dengan menggapai cita-citamu?
3.    Sikap apakah yang perlu ditunjukkan untuk memelihara hewan peliharaan?








10 menit
Penutup
·  Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari itu.
·  Guru memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·  Guru melakukan penilaian
·  Peserta didik ditugaskan membuat gambar profesi yang dicita citakan dan kemudian menulis maksud dan tujuan membuat gambar tersebut.
·   Guru menyampaikan pesan  moral untuk senantiasa menghormati berbagai pekerjaan yang ada di Indonesia
·  Salam dan doa penutup.
  10 menit


H.      Penilaian (meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan)
          1.    Jenis/Teknis Penilaian
a.    Observasi/pengamatan untuk melihat sikap spiritual dan social siswa di kelas
b.    Lisan dan tulisan serta penugasan untuk mengukur kemampuan pengetahuan siswa
c.    Praktek, produk dan portofolio untuk mengukur kemampuan ketrampilan siswa



Mengetahui,                                                                                 Jakarta, 09 Januari 2017
Kepala Madrasah,                                                                       Guru Kelas IV




Suyati, S.Pd                                                                                  Tuti Trisnowati, S.Pd.I
                 







0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html