SILABUS TEMATIK TERPADU KELAS $ SD/MI SEMESTER GENAP
Tema 6 : Indahnya Negeriku
Alokasi waktu : 96
jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4 Menerima berbagai bentuk
persatuan dan kesatuan suku bangsa, sosial,
dan budaya di Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia
yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4
Mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya
di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4 Bekerja sama dalam keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya dalam masyarakat
|
Bentuk
keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
|
Subtema 1: Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan (32 jam
pelajaran)
·
Menyimak
cerita/gambar/tayangan tentang
keragaman hewan dan tumbuhan di Indonesia dengan penuh rasa syukur.
·
Mendiskusikan
bagaimana sikap kita sebagai manusia Indonesia dalam menjaga keragaman hewan
dan tumbuhan yang ada.
·
Mencari
informasi tentang interaksi suku
bangsa di Indonesia dengan alam (kearifan lokal).
·
Membaca
teks puisi berkaitan dengan keanekaragaman hewan dan tumbuhan.
·
Tanya
jawab mengenai isi dan makna puisi yang telah dibaca.
·
Membacakan
teks puisi berkaitan dengan keanekaragaman hewan dan tumbuhan dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
·
Mengidentifikasi faktor dari bilangan yang
ditentukan, paling tidak faktor dari dua bilangan yang berbeda dengan
menggunakan contoh kelompok hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan
sekolah.
· Mencari FPB dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
dengan menggunakan himpunan faktor persekutuan, pohon faktor, tabel dan
pembagian Euclides dengan menggunakan hirarki pengelompokan hewan dan
tumbuhan di sekitarnya. (misalnya hewan yang hidup di darat, diklasifikasikan
menjadi berkaki dua atau empat, dan seterusnya sampai nama dari hewan
tersebut)
·
Berkreasi
mencari faktor dan FPB dari dua bilangan.
·
Mengamati
dan mengidentifikasi bagian hewan dan tumbuhan di sekitar.
·
Membuat
catatan hasil pengamatan bagian hewan dan tumbuhan di sekitar dan membuat
pertanyaan untuk diskusi
·
Membaca
teks tentang keragaman kegiatan
ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan
di daerahnya (pertanian, perikanan, dan peternakan).
·
Mendiskusikan
keragaman kegiatan ekonomi yang
dilakukan oleh masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di
daerahnya.
·
Mendiskusikan
dasar-dasar gerak tari melalui kegiatan mengamati, menanyakan, dan meniru
gerak dasar-dasar gerak tari kreasi yang terinspirasi keragaman hewan dan
tumbuhan di daerah setempat dan daerah lain.
·
Meragakan
dasar-dasar gerak tari kreasi daerah yang terinspirasi keragaman hewan dan
tumbuhan di daerah setempat dan daerah lain.
·
Mengamati prosedur variasi gerak
dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
·
Melakukan
aktivitas gerak berirama secara individual atau berkelompok secara bergantian
dilandasi nilai-nilai kerja sama, tanggung
jawab, disiplin, dan percaya diri.
Subtema 2: Keindahan Alam Negeriku (32 jam
pelajaran)
·
Menyimak cerita/ gambar/tayangan tentang berbagai bentuk
keberagaman tempat tinggal suku bangsa di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dengan penuh rasa syukur
kepada Tuhan yang Maha Esa.
· Membaca cerita dan tanya jawab terkait berbagai
bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan dengan rasa ingin tahu.
· Mendengarkan puisi yang menggambarkan keindahan alam
Indonesia dan bertanya jawab.
· Membacakan kembali puisi yang didengar dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
· Mengidentifikasi kelipatan dari bilangan yang ditentukan
sekurangnya dua bilangan menggunakan contoh tinggi tumbuhan atau hewan di
lingkungannya.
· Mencari KPK dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
dengan menggunakan himpunan kelipatan persekutuan, pohon faktor dan table.
· Membaca teks mengenai fungsi bagian-bagian hewan dan
tumbuhan.
· Mendiskusikan tentang perbedaan bentuk bagian tertentu
dari hewan dan tumbuhan berbeda dengan fungsi yang sama. (misalnya mengapa akar pohon mangga dan
pohon kelapa berbeda bentuknya sedangkan fungsinya sama).
· Mengamati
gambar/foto/tayangan dan mendiskusikan tentang keragaman sosial budaya (tari, kuliner, rumah adat, pakaian
tradisional, dan lainnya)
· Mengumpulkan data tentang keragaman
sosial budaya peserta didik di sekolah.
·
Mendiskusikan
dasar-dasar gerak tari melalui kegiatan mengamati, menanyakan, dan meniru
gerak dasar-dasar gerak tari kreasi di daerah setempat dan daerah lain.
·
Meragakan
dasar-dasar gerak tari kreasi daerah sebagai ungkapan rasa syukur atas
karunia keindahan alam dari Tuhan YME.
·
Mengamati prosedur variasi gerak
dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
·
Melakukan
aktivitas gerak berirama secara individual atau berkelompok secara bergantian
dilandasi nilai-nilai kerja sama, tanggung
jawab, disiplin, dan percaya diri.
Subtema 3. Indahnya Peninggalan Sejarah (32 jam
pelajaran)
·
Mengamati
gambar/tayangan tentang peninggalan
sejarah di Indonesia.
·
Mendiskusikan
bagaimana sikap kita sebagai manusia Indonesia dalam menjaga peninggalan
sejarah.
·
Mencari
informasi kebermanfaatan peninggalan sejarah Indonesia sebagai salah satu sarana
pemersatu bangsa.
·
Membaca puisi
yang tentang kemegahan peninggalan sejarah di daerahnya
·
Mendiskusikan
isi dan amanat dalam puisi yang dibaca.
·
Mencari puisi
tentang kemegahan peninggalan sejarah dari sumber lain dan membacakannya
dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Mencari FPB dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
dengan menggunakan himpunan faktor persekutuan, pohon faktor, tabel dan
pembagian Euclides.
· Mencari KPK dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
dengan menggunakan himpunan kelipatan persekutuan, pohon faktor dan table.
·
Menyelesaikan masalah yang terkait dengan
FPB dan KPK
·
Mencari
informasi mengenai bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
·
Menyajikan
informasi tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan dalam
suatu laporan.
· Membaca teks tentang
kemegahan peninggalan sejarah di daerahnya.
· Mendiskusikan
pengaruh kemegahan peninggalan sejarah terhadap sosial ekonomi masyarakat.
· Menyajikan secara
lisan maupun tertulis hasil diskusi pengaruh kemegahan peninggalan sejarah
terhadap sosial ekonomi masyarakat.
·
Mencari
informasi mengenai tari daerah yang dianggap sebagai peninggalan sejarah
budaya.
·
Meragakan
dasar-dasar gerak tari kreasi daerah sebagai upaya melestarikan peninggalan
sejarah budaya.
·
Mengamati prosedur variasi gerak
dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
·
Melakukan
aktivitas gerak berirama secara individual atau berkelompok secara bergantian
dilandasi nilai-nilai kerja sama, tanggung
jawab, disiplin, dan percaya diri.
|
Bahasa
Indonesia
3.6 Menggali
isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan
untuk kesenangan
4.6 Melisankan
puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
sebagai bentuk ungkapan diri
|
· Teks Puisi
· Isi dan amanat dalam teks puisi
|
|
Matematika
3.6
Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar
(FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari
dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.6 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB),
kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua
bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
|
FPB dan KPK
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.1
Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan
tumbuhan
4. 1 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan
tumbuhan dan tumbuhan.
|
Hubungan antara bentuk dan fungsi
bagian tubuh hewan dan tumbuhan
·
Bagian
tubuh hewan dan tumbuhan serta
fungsinya
·
Hubungan
antara bentuk bagian tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.2 Mengidentifikasi keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas bangsa Indonesia
4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas bangsa Indonesia
|
· Keragaman sosial budaya
· Keragaman ekonomi,
· Keragaman etnis
· Keragaman agama
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.3
Mengetahui gerak tari kreasi daerah
4.3 Meragakan
gerak tari kreasi daerah
|
·
Dasar
gerak tari kreasi daerah
|
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.7 Menerapkan
prosedur variasi gerak dasar langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama
4.7 Mempraktikkan variasi gerak
dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
|
·
Variasi
gerak dasar langkah kaki dan ayunan lengan aktivitas gerak berirama
|
Tema 7 : Cita - citaku
Alokasi Waktu
: 96
jam pelajaran
Mata Pelajaran dan Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1 Menerima makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai
satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Menerima
makna hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengasosiasikan makna hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menceritakan
makna hubungan
simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Hubungan simbol dengan
sila – sila Pancasila dalam kehidupan sehari – hari
·
Menceritakan makna hubungan
simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Subtema 1: Aku dan
cita - citaku(32 jam
pelajaran)
· Bermain
kartu kata dan kartu gambar tentang simbol dan sila-sila Pancasila serta
maknanya
· Menyimak
cerita/mengamati video/film/ gambar
tentang berbagai macam profesi dikaitkan dengan sila-sila Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
·
Menggali informasi melalui wawancara di
rumah tentang berbagai macam profesi orang tua masing-masing
·
Menuliskan hasil wawancara dengan bahasa
sendiri, dapat dilengkapi dengan foto/video, dan lainnya dikaitkan dengan
sila-sila dalam Pancasila
· Membaca
teks fiksi dengan tema cita-cita dan profesi
· Menuliskan
isi dan menceritakan dengan bahasa sendiri tentang tokoh dan watak dalam teks
fiksi
· Menuliskan
peta pikiran tentang kesukaan diri dan cita-cita, dalam bentuk tulisan dan
gambar, kemudian dipajang di kelas
·
Wawancara untuk mendapatkan data tentang
cita-cita teman-teman di lingkungan sekolah
·
Menyajikan hasil laporan wawancara tentang
cita-cita dalam bentuk diagram batang
·
Membawa mainan dari rumah/yang ada di
lingkungan sekolah, bermain bersama dan mengidentifikasi berbagai macam gaya
yang didapatkan dari permainan tersebut. Misalnya : mobil-mobilan
menghasilkan gaya dorong
·
Menuliskan
hasil identifikasi, benda (dari mainan yang dimainkan) dan gaya yang
dihasilkan
·
Mengumpulkan
data identifikasi, menuliskan kembali di papan tulis dan mempresentasikan
hasil temuan dalam bentuk tabel data
·
Menyimpulkan
bahwa gaya terjadi antara dua benda.
· Mengamati
gambar/foto/video/ teks bacaan tentang: berbagai profesi dan kegiatan ekonomi
dalam meningkatkan kehidupan masyarakat
·
Menghadirkan orang tua/beberapa narasumber
yang mempunyai profesi tertentu untuk menceritakan tentang kegiatan ekonomi
yang dilakukannya
·
Berdiskusi dengan orang tua/beberapa
narasumber tentang bagaimana pengelolaan kegiatan ekonominya
·
Membat kesimpulan sderhana terkait
sumber-sumber ekonomi dari hasil wawancara dengan orang tua atau beberapa
narasumber
· Mengamati gambar/video/contoh dari guru, tentang bentuk-bentuk
gambar tiga dimensi
· Menggambar bentuk tiga dimensi yang berkaitan cita-cita diri
dengan teknik bebas
· Membaca cerita tentang “ayo bermain bola”
· Mempraktikkan variasi pola dasar
jalan, lari, lompat, dan lempar
melalui bermain bola
Subtema
2: Hebatnya cita – citaku (32 jam
pelajaran)
·
Menggali informasi melalui wawancara
tentang cita-cita yang sudah dicapai dengan orang-orang di lingkungan
sekolah/diluar sekolah
·
Menuliskan hasil laporan wawancara tentang
“hebatnya cita-cita” dikaitkan dengan sila-sila dalam Pancasila
·
Menceritakan tentang hebatnya cita-cita
diri dengan bahasa sederhana
·
Membaca teks tentang tokoh-tokoh yang terdapat
pada teks fiksi dengan tema hebatnya cita-cita
·
Membandingkan watak masing-masing tokoh pada teks
fiksi dan menuliskan temuan watak/karakter tokoh di kertas yang di tempel di
mading
·
Misalnya
: malas, pekerja keras, giat belajar, bersungguh-sungguh
·
Membaca bersama
·
Mengamati
gambar/ kejadian nyata yang ada di sekitarnya atau melakukan demonstrasi
tentang gaya. Contoh: mendorong kursi, mengerek bendera, mainan magnet,
menjatuhkan bola, mainan mobil bergerak di atas permukaan kasar dan licin,
dan lain-lain.
• Melaporkan hasil
identifikasi gaya yang sudah dipraktekkan. gaya otot, gaya pegas, gaya
listrik dengan benda-benda yang ada di sekitarnya
· Mengumpulkan
data/wawancara dengan beberapa narasumber (lembaga atau perorangan) tentang
kegiatan ekonominya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat sekitar
· Menyajikan secara
lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang: kegiatan ekonomi dan
perniagaan, lapangan kerja, lembaga
ekonomi
·
Mengamati
gambar/ video tentang sketsa gambar bentuk hasil karya seniman, kemudian
mengamati benda-benda 3 dimensi yang ada dilingkungan kelas
·
Membuat
gambar bentuk dengan memasukkan unsur nilai estetis, proporsi, gelap terang,
dan komposi pada gambar
·
Model
gambar bentuk, misalnya : benda-benda 3 dimensi yang ada di dalam kelas,
mainan dengan bentuk sederhana
·
Mempraktikkan variasi dan kombinasi berbagai pola
gerak dominan (bertumpu, bergantung,
keseimbangan, berpindah/lokomotor,) dalam aktivitas senam lantai
Subtema
3 : Giat berusaha meraih cita – cita (32 jam pelajaran)
·
Membaca teks singkat dan mengamati gambar
orang-orang sukses, kemudian mendiskusikan bersama tentang karakter-karakter
positif yang diperlukan dalam meraih cita-cita dikaitkan dengan sila-sila
dalam Pancasila
· Membaca teks tentang cerita petualangan dalam meraih cita-cita,
mengidentifikasi karakter/watak dalam teks dengan tulisan/bahasa sederhana
·
Bermain peran tentang teks cerita
petualangan dalam meraih cita-cita
dengan menggunakan kosakata baku dengan benar.
·
Membuat daftar cita-cita dan usaha yang
perlu diraih untuk mencapainya dengan benar dalam bentuk diagram
·
Mendemonstrasikan
dan mengidentifikasi manfaat gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya
gesekan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Membuat karya 3 dimensi dari bahan limbah
(bahan daur ulang yang ada di sekitar sekolah), yang dikaitkan dengan atribut
sesuai cita-cita kemudian dipajang di depan kelas, diapresiasi bersama
·
Mempraktikkan variasi dan kombinasi berbagai pola
gerak dominan (tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
|
Bahasa
Indonesia
3.9 Mencermati
tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
4.9 Menyampaikan
hasil identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan
antartokoh pada cerita fiksi
3.10 Membandingkan watak masing-masing tokoh pada teks fiksi
4.10 Menyajikan cara-cara yang dilakukan oleh tokoh cerita fiksi
dalam memperjuangkan atau mempertentangkan hal-hal yang diinginkan
|
·
Teks
fiksi
·
Membandingkan
tokoh dan watak teks fiksi
|
|
Matematika
3.11 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan
dalam bentuk diagram batang
4.11 Membaca data diri peserta
didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
|
Data dan pengukuran
|
|
Ilmu Pengetahuan Alam
3.3 Memahami
macam-macam gaya, antara lain gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya
gravitasi, dan gaya gesekan
4.3 Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam
kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya
gravitasi, dan gaya gesekan
|
Gaya
dan manfaatnya
·
Pengertian
gaya
·
Macam-macam
gaya
· Manfaat gaya
|
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam
meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di
lingkungan sekitar sampai provinsi
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan
ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial
dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi
|
· Ketersediaan sumber-sumber ekonomi
· Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi,
distribusi, konsumsi)
· Lembaga ekonomi
· Perniagaan untuk mening-katkan kesejahteraan
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengetahui
gambar dan bentuk tiga dimensi dimensi
4.1 Menggambar
dan membentuk tiga dimensi
|
·
Gambar tiga dimensi
·
Gambar
bentuk dan membentuk berdasarkan objek
·
Proses
pembuatan bentuk dan tiga dimensi berdasarkan objek
|
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
3.3 Memahami
prosedur variasi gerak dasar jalan,
lari, lompat, dan lempar melalui
permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
4.3 Mempraktikkan variasi pola
dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui
permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
3.6 Menerapkan
prosedur variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam
aktivitas senam lantai
4.6 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam
aktivitas senam lantai
|
Variasi pola gerak
dasar pembelajaran atletik jalan cepat
·
Start
·
Gerakan jalan
·
Finish
Variasi pola greak
dasar pembelajaran atletik jarak pendek
·
Posisi badan/togok
·
Ayunan lengan
·
Ayunan langkah kaki
·
Mendarat
·
Memasuki garis finish
|
Tema 8 : Tempat Tinggalku
Alokasi waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.3
Menerima dengan tulus keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks
Bhinneka Tunggal Ika
2.3
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam
konteks Bhinneka Tunggal Ika
3.3 Mencirikan keberagaman umat beragama dalam
masyarakat
4.3 Bekerja sama dalam keberagaman umat
beragama dalam masyarakat
|
Keberagaman umat beragama
di masyarakat
|
Subtema 1: Lingkungan Tempat Tinggalku (32 jam pelajaran)
·
Mengamati gambar/video/film
yang menunjukkan toleransi antar umat beragama di suatu lingkungan.
·
Membaca wacana dan menyimak penjelasan tentang keberagaman umat
beragama di masyarakat dengan rasa peduli dan toleransi.
· Mengidentifikasi
jenis-jenis kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar tempat tinggal
dan contoh perilaku toleransi terhadap
pemeluk agama lain.
· Mencari informasi dari berbagai sumber tentang
keberagaman umat
beragama di lingkungan tempat tinggal dengan rasa ingin tahu dan peduli
·
Mendiskusikan
bagaimana berinteraksi dengan orang sekitar tempat tinggal dengan
rasa peduli dan toleransi
·
Membuat tulisan mengenai tokoh yang diidolakan peserta didik di
keluarga atau lingkungan sekitar
·
Membaca teks tentang
tokoh fiksi yang dikenal di lingkungan tempat tinggalnya
·
Menuliskan
perwatakan tokoh dalam teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi
cara pembulatan kebawah, contoh: 12,4 cm dibulatkan menjadi 12 cm dan 24,7 kg
dibulatkan menjadi 25 kg
·
Mengidentifikasi
cara pembulatan ke atas, contoh: 12,6 cm dibulatkan menjadi 13 cm; 28,9 kg
dibulatkan menjadi 29 kg
·
Memperkirakan
jarak antar kelas atau rumah di lingkungan sekitar
·
Mengukur
benda-benda di sekitar kelas atau tempat tinggal
menggunakan alat ukur seperti meteran, timbangan dan melakukan pembulatan
pada hasil pengukurannya
·
Menyelesaikan
soal-soal yang berhubungan dengan pembulatan hasil pengukuran panjang dan
berat
·
Mengamati
benda-benda yang bergerak di sekitarnya (bergerak akibat dorongan/ tarikan,
dilempar, pengaruh magnet, dan lainnya)
·
Membuat
daftar benda-benda yang bergerak dan bagaimana pergerakannya
· Menggambarkan
tempat tinggal peserta didik dengan teknis kolase.
·
Menceritakan
kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang di sekitar tempat tinggal peserta
didik/ lingkungan sekolah
·
Memperagakan
berbagai gerak aktivitas air renang gaya dada (gerakan
kaki dan gerakan lengan)
Subtema 2: Keunikan Daerah Tempat Tinggalku (32 jam
pelajaran)
·
Wacana dan
menyimak penjelasan tentang keberagaman umat beragama di masyarakat dengan
rasa peduli dan toleransi di daerah tempat tinggalku
·
Mengidentifikasi
jenis-jenis kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh umat beragama yang menjadi
ciri khas daerah.
·
Membaca teks
fiksi yang berhubungan dengan legenda di daerah peserta didik
·
Membandingkan
sifat tokoh dalam legenda yang dibaca.
·
Menuliskan
kembali teks fiksi yang berhubungan dengan legenda di daerah peserta didik
menggunakan bahasa sendiri
·
Mengenal satuan
untuk menghitung panjang
·
Membuat denah
tempat tinggal menggunakan perkiraan panjang
·
Menyelesaikan
soal-soal berhubungan dengan panjang dan berat.
·
Melakukan
percobaan dan melaporkannya untuk menunjukkan perubahan gerak akibat gaya.
·
Melihat
gambar/video/film yang menggambarkan potensi daerah kabupaten/kota di tempat
tinggal peserta didik.
·
Mencari
informasi mengenai keunikan penduduk dan karakteritik alam yang ada di daerah
tempat tinggal peserta didik
·
Membuat
klasifikasi karakteristik alam yang ada didaerahnya
·
Membuat montase
mengenai penduduk dan karakteristik alam di daerah tempat tinggalku
·
Membahas
prilaku terpuji dalam
pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang
yang lebih muda) untuk menumbuhkan rasa peduli dan
toleransi
· Mempraktikkan berbagai gerak
aktivitas air renang gaya dada dan memberikan komando sesuai dengan
gilirannya.
Subtema 3: Aku Bangga dengan Daerah Tempat Tinggalku
(32 JP)
·
Mengamati
gambar/video/film terkait keragaman daerah di Indonesia.
·
Membaca teks
mengenai keragaman karakteristik alam di daerah tempat tinggal peserta didik.
·
Menuliskan
karakteristik alam di daerah tempat tinggal dengan penuh rasa syukur kepada
Tuhan YME.
· Membaca teks fiksi mengenai legenda dari suatu daerah
· Mempresentasikan hal-hal yang
menumbuhkan rasa bangga terhadap daerah berdasarkan legenda yang dibaca.
· Mengukur benda-benda dan tumbuhan di sekitar kelas atau sekolah
menggunakan alat ukur seperti meteran, timbangan dan melakukan pembulatan
pada hasil pengukurannya
· Membulatkan hasil pengukuran ke satuan terdekat
· Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan pembulatan
· Melakukan percobaan
dan melaporkannya untuk menunjukkan perubahan gerak akibat gaya.
· Membaca teks
informasi mengenai kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran) dan kegiatan
ekonomi penduduk di provinsi tempat tinggal peserta didik
· Membuat ringkasan
(bisa dalam bentuk tabel) mengenai informasi kependudukan dan ekonomi di
provinsinya.
·
Membuat
karya seni yang menggambarkan aktivitas ekonomi di lingkungan sekitarnya
dengan aplikasi dan mozaik dengan teknik menempel
·
Mempraktikkan
berbagai gerak aktivitas air renang gaya dada dan memberikan komando sesuai
dengan gilirannya
|
Bahasa
Indonesia
3.9 Mencermati
tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
4.9 Menyampaikan hasil
identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan antartokoh
pada cerita fiksi
3.10 Membandingkan watak masing-masing tokoh pada teks fiksi
4.10 Menyajikan cara-cara yang dilakukan oleh tokoh cerita fiksi
dalam memperjuangkan atau mempertentangkan hal-hal yang diinginkan
|
Teks fiksi
|
|
Matematika
3.7 Menjelaskan dan
melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
4.7 Menyelesaikan
masalah pembulatan hasil pengukuran
panjang dan berat ke satuan terdekat
|
Pembulatan
hasil pengukuran ke satuan, puluhan, atau ratusan terdekat.
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.4 Memahami hubungan antara gaya dan gerak
4.4 Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan
antara gaya dan gerak
|
Gaya dan Gerak
·
Pengertian
gerak
·
Pengaruh
gaya terhadap gerak benda.
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
|
· Letak dan luas kabupaten/ kota
dan provinsi dalam peta
· Kondisi/karak-teristik alam (iklim,
bentuk muka bumi, flora, fauna)
· Kondisi kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran)
· Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik tempel
4.4 Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan
mozaik
|
·
Teknik
tempel dalam berkarya (kolase, montase, aplikasi dan mozaik)
|
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.8 Memahami
prosedur gerak dasar satu gaya renang***
4.8 Mempraktikkan
gerak dasar satu gaya renang ***
3.10 Menganalisis
perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang
lebih tua, dan orang yang lebih muda)
4.10 Memaparkan
perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang
lebih tua, dan orang yang lebih muda)
|
Gerak
dasar renang:
·
Gerakan
kaki renang gaya dada
·
Gerakan
lengan renang gaya dada
Perilaku
terpuji dalam pergaulan serhari-hari:
·
Perilaku
terpuji antar teman sebaya
·
Prilaku
terpuji dengan orang yang lebih tua
·
Prilaku
terpuji dengan orang yang lebih muda
|
Tema 9 : Makananku Sehat dan Bergizi
Alokasi waktu : 96 JP
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2 Menerima
kewajiban dan hak sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Menunjukkan sikap memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
3.2 Memahami
pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari
4.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari
|
Pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari
|
Subtema 1:
Mengenal Makanan Sehat dan Bergizi (32 jam pelajaran)
· Mengamati gambar atau menyimak
kisah inspiratif tentang hak anak memperoleh makanan sehat dan
bergizi sebagai bentuk kasih sayang orang tua
· Tanya jawab tentang kewajiban anak
(tata tertib/adab) sebelum dan sesudah makan
· Membaca
teks dan menjawab pertanyaan tentang makanan sehat dan bergizi
· Mencari
informasi dan berdiskusi tentang makanan sehat dan bergizi
· Menuliskan
dan mempresentasikan hasil diskusi tentang makanan sehat dan bergizi serta
memberikan tanggapan
· Mencermati
bentuk pecahan biasa dengan menggunakan makanan yang dapat dipotong simetris,
misalnya buah semangka, melon, kue bolu, martabak, atau makanan khas yang ada
di lingkungan sekitarnya
· Menyelesaikan
masalah penjumlahan dan pengurangan terkait dengan pecahan biasa
·
Mengidentifikasi hubungan pecahan dengan
desimal dimulai dengan pecahan berpenyebut 10 dituliskan sebagai bilangan
desimal satuangka di belakang koma,misalnya
·
Mengidentifikasi hubungan pecahan dengan
desimal untuk pecahan yang berpenyebut 100, 1.000, dan seterusnya
·
Mengamati
dan mengidentifikasi proses siklus hidup pada beberapa hewan
·
Mengamati
dan membandingkan pengaruh asupan makanan terhadap pertumbuhan makhluk hidup
·
Menggali
informasi tentang siklus hidup pada beberapa hewan yang mengalami
metamorfosis di sekitar
·
Mencari informasi dan
mengidentifikasi tentang potensi sumber daya alam yang ada di daerahnya (pertanian
dan perikanan)
·
Membuat peta sederhana tentang persebaran sumber daya alam
(pertanian dan perikanan) di daerahnya
·
Menarikan tari kreasi daerah setempat dan daerah lain, yang
mengungkapkan rasa syukur karunia makanan yang berlimpah dari Tuhan
· Membaca tabel tentang kebutuhan gizi
disesuaikan dengan berat badan, tinggi badan, usia
· Menyimpulkan berdasarkan hasil praktek
mengukur tinggi badan dan menimbang berat badan yang hasilnya dibandingkan
dengan tabel.
· Mengamati dan mempraktekkan gerak dasar dominan
senam lantai (handstand dan kopstand)
dikaitkan dengan asupan makanan sehat dan bergizi
Subtema 2: Manfaat Makanan Sehat dan Gizi (32 jam pelajaran)
·
Mengamati gambar/video dan mengidentifikasi
anak yang kekurangan gizi, anak obesitas (kebihan gizi), dan normal
·
Menceritakan pengalaman berbagi makanan
dengan teman dan tetangga sebagai warga masyarakat terkait dengan kewajiban
dan hak
·
Mengidentifikasi manfaat makanan sehat dan
bergizi bagi pertumbuhan
·
Menggali informasi melalui wawancara dengan
nara sumber tentang manfaat makanan sehat dan bergizi yang khas di daerah
sekitar
·
Mengubah pecahan campuran ke bentuk pecahan
biasa, pecahan biasa ke bentuk decimal dan sebaliknya
·
Menjelaskan
strategi penyelesaian masalah yang terkait dengan pecahan (biasa, campuran,
dan decimal)
·
Mendiskusikan
hubungan proses metamorfosis hewan dengan fungsinya di alam serta upaya
pelestariannya.
·
Mendiskusikan/mengumpulkan
data yang berhubungan dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam, yang terkait dengan sumber pangan
·
Menarikan tari kreasi daerah setempat dan daerah lain, yang
mengungkapkan rasa syukur karunia makanan yang berlimpah dari Tuhan
·
Mengamati dan
mempraktekkan gerak dasar dominan senam lantai (kayang dan sikap lilin,) dikaitkan dengan asupan makanan sehat dan bergizi
Subtema 3: Kebiasaan Makanku (32 jam pelajaran)
·
Merancang dan melaksanakan kegiatan berbagi
makanan dalam menunaikan kewajiban dan
hak sebagai warga masyarakat.
·
Mempresentasikan hasil wawancara dan
memberikan tanggapan dari kelompok lain
·
Membandingkan
hal yang sudah diketahui dan yang baru diketahui
tentang kebiasaan
mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi secara tertulis dengan bahasa sendiri
·
Mengubah bilangan pecahan ke desimal dan
persen
·
Menjelaskan
strategi penyelesaian masalah yang terkait dengan pecahan (biasa, campuran,
desimal, dan persen)
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pecahan biasa, pecahan campuran, desimal, dan
persen.
·
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pecahan biasa, pecahan campuran,
desimal, dan persen.
Contoh aktivitas
menimbang (jika memungkinkan) dan menghitung persentase berat bahan dalam
resep makanan yang dibawa oleh siswa
·
Menampilkan
hasil karya skema siklus hidup beberapa hewan yang ada di lingkungan sekitar
yang berkaitan dengan ketersediaan makanan
·
Membuat
slogan pelestarian hewan dan tumbuhan serta dipajang di dinding kelas atau sekolah.
·
Mengidentifikasi
dan menyimpulkan tentang
makanan yang
dikonsumsi sehari-hari di lingkungan setempat
·
Mendiskusikan
keberagaman pemanfaatan sumber daya alam (pengolahan bahan pangan menjadi
berbagai produk yang berbeda) di lingkungan sekitar
·
Memeragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah dikaitkan
dengan tema makanan sehat dan bergizi
·
Mengamati dan
mempraktekkan gerak dasar dominan senam lantai (berguling dan meroda,) dikaitkan dengan asupan makanan sehat dan bergizi
|
0 komentar:
Posting Komentar